Opsi Teknologi Media dan Piranti Bergerak ITB, Paling Menyenangkan

Opsi Teknologi Media dan Piranti Bergerak ITB

Halo --
Ga kerasa bulan Maret 2018 ini aku sidang tesis. Yeah...!
Udah 18 bulan lebih kuliah di ITB. Ga kerasa banget.
Oh iya, kali ini aku mau ceritain opsi kuliahku di pascasarjana ITB ini. Teknologi Media dan Piranti Bergerak. Banyak sih yang gak tau opsi ini, hiks... Oke aku akan ulas sedikit mengenai opsi ini ya, semoga banyak orang yang sangat tertarik pada opsi ini.

Mengapa memilih opsi TMPB?
Yang jelas pas daftar ke ITB aku cuma mau masuk ke informatikanya, eh ternyata ada opsi lain yang harus ku pilih. Opsi ini konsentrasi yang akan kita ambil selama belajar di pascasarjana ITB. Nah di ITB sendiri sampai 2018, untuk informatika, ada 9 opsi, salah satunya adalah TMPB. Sebelum memilih opsi aku download dulu kurikulum ITB, dan waw diantara semua opsi, TMPB ini menjadi opsi yang paling aku minati. Alasannya sederhana sih, karena aku suka main game wkk.... Ku pikir kalau aku masuk ke opsi yang memang ku sukai aku gakan ada beban pas kuliahnya.

Apa sih yang dipelajari di TMPB?
Untuk kurikulumnya sendiri kebanyakan opsi ini mempelajari tentang pembuatan game, visualisasi, media interaktif yang dapat memberikan dampak positif dan fun kepada oranglain. Tapi memang lebih banyak belajar tentang mengembangkan sebuah game sih. Tapi ada hal lucu sih, di ITB ada ruang diskusi khusus mahasiswa S2, di semester pertama semua mahasiswa di opsi lain ngerjain tugasnya bikin anu lah, nganalisis anu lah, bikin laporan lah, opsi kita cuma main game, wkkk... tiap minggu sampe harus install 3 game dan main semua game tujuannya sih buat lebih menyatu gitu dengan game. Jadi tiap main game di rudis mahasiswa lain suka bilang, lagi ngerjain tugas ya, hhaa... 
Hal paling positif dari ITB adalah fasilitas pendukungnya. Di semester 2 ada matakuliah media interaktif, nah setiap minggu kita wajib bikin satu buah game dengan memanfaatkan teknnologi yang ada, misalnya bikin game tiup balon dengan cara mainnya ditiup, game pake sensor leap motion, myo, hololens juga. Beruntung sih karena masuk opsi ini aku jadi bisa cobain sensor-sensor yang ga pernah ku coba dan yang cuma kuliat di internet aja haa...

Hal paling menyenangkan di TMPB
Nah opsi ini tuh bener-bener fun, ya karena kita selalu memikirkan dampak pengguna produk yang kita hasilkan. Kami selalu merumuskan agar pengguna selalu merasa nyaman, senang dan tidak stres saat menggunakan produk kami. Tuh, pengguna aja diperhatiin apalagi kamu eaaa....

Jadi buat kalian yang tertarik di game, media interaktif, visualisasi, daftar segera ke ITB, opsi TMPB, ini ga di endorse sih, tapi kali aja nilai tesis jadi A :))

Post a Comment

2 Comments

  1. Halo kak mau tanya bedanya sama program magister TMDG Teknik Elektro apa ya kak? Dan kenapa di halaman pendaftaran cuman muncul opsi teknik elektro saja ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, kurikulumnya ngga beda jauh. Sama aja sih. TMPB ini opsi lbh baru daripada TMDG. Cuma kalau tidak salah memang sekarang S2 informatika ITB tidak banyak buka opsi seperti dulu zaman saya sampai 9 opsi. Sekarang kalau tidak salah 2-3 opsi saja.

      Delete