Contoh Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) Pascasarjana ITB

Contoh Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) Pascasarjana ITB
Contoh Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) Pascasarjana ITB

Salam Readers,
Banyak sekali teman-teman yang chat ke saya tentang pendaftaran pascasarjana ITB. Kebetulan, saya sekarang sedang kuliah S2 di Informatika ITB. Nah, salah satu syarat mendaftar itu adalah statement of purpose, kali ini saya akan share sop yang saya kirimkan saat itu. Semoga bermanfaat ya.
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok untuk semua umat manusia baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Sejak saya kecil saya memiliki pandangan bahwa semakin dunia ini bertambah umurnya maka tingginya pendidikan akan semakin penting. Setelah menempuh pendidikan strata sarjana informatika di Universitas Suryakancana, saya semakin menyadari bahwa pendidikan yang saya tempuh tidak cukup hanya sampai sarjana. Keadaan dan tantangan dunia kerja yang semakin meningkat akan membutuhkan sumber daya yang handal sehingga saya membutuhkan investasi jangka panjang untuk menghadapinya. Pendidikan lebih lanjut sangat dibutuhkan untuk menciptakan sumber daya terbaik yang dapat memberikan konstribusi maksimal bagi masyarakat. Dalam pandangan saya, ITB merupakan perguruan tinggi terbaik di bidang informatika di Indonesia. Dan dengan mengikuti program Magister Informatika khususnya bidang Teknologi Media dan Piranti Bergerak di ITB, saya yakin akan meningkatkan sumber daya dan kualitas yang saya miliki sehingga saya mampu mewujudkan cita-cita saya dan berkonstribusi dengan baik untuk komunitas, lingkungan, bangsa dan Negara. Mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin meningkat dan mulai bergantung pada teknologi tentunya harus disikapi secara bijaksana. Cianjur, merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang belum banyak menggunakan teknologi sebagai kebutuhan pokok. Masyarakat Cianjur masih menganggap piranti bergerak hanyalah sebuah piranti sosial dan hiburan. Sehingga masih kurangnya pemanfaatan teknologi piranti bergerak di kehidupan sehari-hari dan ini berdampak pada sumber daya masyarakat Cianjur yang dianggap cukup tertinggal. Karena itu saya memiliki ketertarikan khusus pada bidang pengembangan piranti bergerak agar dapat mengembangkan suatu teknologi piranti bergerak yang sangat berguna untuk masyarakat Cianjur khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Sehingga masyarakat Cianjur dapat mengubah perspektifnya terhadap piranti bergerak dan menjadi kabupaten berkembang. Silabus yang ditawarkan Program Magister Teknik Informatika Bidang Teknologi Media dan Piranti Bergerak sangat menunjang harapan saya. Dengan mengikuti program Magister Teknik Informatika Bidang Teknologi Media dan Piranti Bergerak di ITB, saya berharap dapat memperkaya intelektual saya sehingga saya dapat memaksimalkan potensi saya untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia di bidang informatika. Sekarang, saya adalah seorang pendidik di sebuah SMK Negeri di Cianjur dan mengajar Pemrograman Piranti Bergerak. Di masa mendatang, saya bercita-cita untuk mengaplikasikan keilmuan saya sebagai tim ahli di salah satu lembaga penelitian (kampus, LIPI, dll) atau sebagai praktisi lapangan khususnya pendidik (kampus atau sekolah), dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Cianjur di bidang teknologi piranti bergerak dan meningkatkan ketertarikan masyarakat Cianjur khususnya dan Indonesia umumnya pada bidang ini. Program pendidikan S2 di ITB dapat membantu saya mewujudkan cita-cita saya.
Diny Syarifah Sany

Post a Comment

2 Comments

  1. kak mau nanyak dong, kakak tulis tangan atau ketik ya kak untuk persyaratannya? soalnya tidak ada keterangan lebih lanjut kak, saya masih bingung jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kak, Tulis tangan atau diketik ya?

      Delete