Pengertian Animasi dan Jenisnya

Pengertian Animasi dan Jenisnya
Pengertian Animasi dan Jenisnya

Animasi berarti gerakan. Hubungan animasi dengan waktu sangat penting. Tanpa gerakan atau perubahan, tidak ada animasi, tentu saja.
Ada 5 jenis animasi, yakni:
  1. Animasi tradisional, animasi ini seringkali disebut juga sebagai animasi yang di gambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation). Biasanya animasi ini dibuat di atas kertas.
  2. Animasi 2D, sebenarnya animasi ini bisa juga dibuat dengan menggunakan kertas, namun sekarang animasi ini lebih banyak dibuat dengan komputer. Ciri khasnya animasi ini hanya memiliki lebar dan panjang, alias tidak bervolume.
  3. Animasi 3D, merupakan pengembangan dari animasi 2D, jika animasi 2D hanya memiliki panjang dan lebar, animasi 3D menggunakan sumbu x,y, dan z. Sehingga hasil dari animasi ini akan menjadi lebih bervolume.
  4. Motion Graphic, animasi ini pengembangan dari animasi 3D, dimana efek-efek kamera dan gambar lebih ditonjolkan. Misalnya pada pembuatan animasi typografi.
  5. Stop Motion, animasi ini tidak menggunakan komputer sebagai media pembuat utama nya. Animasi ini menggunakan foto, dimana objek animasi merupakan clay/lilin yang dibuat sedikit demi sedikit.
Semoga bermanfaat...:)
-dinysys-

Post a Comment

0 Comments