Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. (Sumber : Wikipedia)
Yang membuat data multimedia berbeda dengan yang lainnya:
- Konten diambil menggunakan teknologi yang berbeda
- Permintaan tidak ditanggapi dengan cara tekstual
- Ukurannya besar
- Waktu retireve sangat penting
- Ekstraksi fitur otomatis dan pengindeksan
Tipe data Multimedia:
- Teks: spreadsheet, database, penandaan, teks dengan efek khusus (ukuran font, jenis font, warna, warna, dll)
- Gambar : jpg, png, tiff, bmp
- Audio: Tiap satu menit ~ 2-3Mbps, adanya teknik kompresi, format
- Video : Urutan bingkai, Realistis video ~ 30fps, Teknik kompresi, format
- Objek grafis : struktur data khusus untuk 2D bentuk / 3D, CAD / CAM, benda VR
Penggunaan data multimedia biasanya pada:
Iklan, Seni, Hiburan, Pendidikan, Teknik, Pengobatan, Matematika, Bisnis, Penelitian Ilmiah, Aplikasi, Digital audio, Graphics and image editing, Video editing, Animation, Multimedia authoring, dll.
Contoh big data pada multimedia:
YouTube, Facebook, Earthscope
Referensi:
- K. Selçuk Candan, Maria Luisa Sapino. Data Management for Multimedia Retrieval. Cambridge Unervisty Press. 2010
- Ze-Nian Li ; Mark S. Drew. Fundamentals of Multimedia. Pearson Education. 2004
- Shu-Ching Chen; Mei-Ling Shyu. Methods and Innovations for Multimedia Database Content Management. IGI Global. 2012
0 Comments